SMPN 1 Cicalengka Ingin Menjadi SBI Swadaya



Ketertinggalan Indonesia di berbagai bidang di era globalisasi dibandingkan negara-negara tetangga rupanya menyebabkan pemerintah terdorong untuk memacu diri untuk memiliki standar internasional. tak terkecuali disektor pendidikan juga termasuk yang didorong untuk berstandar internasional. Dorongan itu bahkan dicantumkan di dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 50 ayat (3) yang berbunyi, “Pemerintah dan/atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan, untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan yang bertaraf internasional. “.

"Dengan banyaknya prestasi yang sudah diraih oleh para siswa SMPN 1 Cicalengka, Kami selaku pihak sekolah berkeinginan menjadikan sekolah ini menjadi SBI berswadaya". Mengapa dikatakan Swadaya.. karena sekolah yang berstandar internasional yang ditetapkan oleh pemerintah Pusat maupun Daerah saat ini hanya mempunyai kuota satu sekolah dan itu sudah ditetapkan.

Berdasarkan kebijakan yang ada setiap kabupaten /kota hanya memiliki satu SBI saja. kecuali ada kemampuan dari pihak sekolah lainnya dalam merintis sekolah berstandar internasional yang didanai secara swakelola atau lebih dikenal dengan SBI Swadaya. 

Berdasarkan itupula pihak SMPN 1 Cicalengka Kabupaten Bandung, dengan berbekal keinginan kuat dan terus berupaya menjadikan sekolahnya menjadi sekolah yang terbaik. mulai dari perlengkapan sarana dan prasarana sekolah yang standarnya sama dengan kualitas sarana yang ada di SBI.. 

Mengenai kulaitas dan prestasi siswa,SMPN 1 Cicalengka pada 4 tahun terakhir cukup banyak meraih prestasi. baik ditingkat regional dan tingkat nasional pernah diraih, diantaranya; Pada tahun 2007-2008 untuk tingkat kabupaten dapat menjadi juara pertama lomba Matemetika, lomba pidato bahasa inggris,lomba astronomi,kepramukaan putra,juara kedua kepramukaan putri,juara terbaik PMR dan juara ketiga basket putra. 

Pada tahun 2008-2009 untuk tahun ini cukup banyak peningkatan yang diraih oleh para siswa SMPN 1 Cicalengka, yaitu Juara II Bulutangkis Putri Pemula tingkat Kabupaten,Juara Favorite tingkat Provinsi dalam bidang Temu Prestasi PMR,dan untuk tingkat Nasional Temu Pretasi PMR mendapat juara III.dan juara I dan II Cerdas Cermat tingkat Kabupaten,juara I MTQ,Tahfiz Qur'an,Pidato Umum,Cerdas Cermat Agama,serta menjadi juara umum Lomba Keagamaan.dan untuk tingkat Provinsi. Yang lebih membanggakan pada saat itu siswa berhasil menjdai Juara I Nasional Bulutangkis Usia 11 tahun Putra,sebagai catatan,pada tingkat Provinsi untuk kejuaraan bidang bulutangkis putra dan putri siswa SMPN 1 Cicalengka cukup mendominasi pada juara I dan II,III. 

Pada tahun 2009-2010 selain banyak meraih juara ditingkat kabupaten dan provinsi, siswanya juga berhasil meraih juara III Nasional Badminton Usia 13 Tahun. Pada tahun,2010-2011 prestasi siswa sedikit menurun karena hanya berhasil menjuarai di tingkat Provinsi saja dari berbagai bidang yang menjadi andalannya. Pada TA.2011-2012 yang baru saja usai para siswa SMPN 1 Cicalengka mendominasi raihan predikat juara I,II,III,ditingkat provinsi pada Kejuaraan Karate untuk putra dan putri pada kelas Kata,kelas Kumite. 


Sesuai realese T.Prihartono,SPd,yang diterima oleh suara pendidikan online,masih banyak raihan -raihan prestasi yang belum dikonfirmasikan oleh suara pendidikan,namun Prihartono mengatakan prestasi yang dapat diraih semua berkat upaya yang sungguh-sungguh dari para siswa guna menjadi yang terbaik dibidang lombanya masing-masing ,"tuturnya. 

Ditinjau, dari kualitas para guru SMPN 1 Cicalengka secara mayoritas sudah memiliki sertifikat sebagai guru profesional dan dinilai mampu untuk mengemban tugas Kegiatan Belajar Mengajar pada sekolah yang berstandar SBI. dari fasilitas dan sarana ruang belajar yang ada saat ini juga dinilai sangat presentatif atau diatas standar. 

Misalnya ruang Multimedia (IT) termasuk fasilitas ruang-ruang ketrampilan beserta fasilitas ekstrakurikuler dinilai sangat lengkap.dan juga fasilitas olahraga sangat memadai, mulai dari lapangan bola basket,bola volly.juga perlengkapan sanitasi sekolah,dll. Patut juga diketahui, SMPN 1 Cicalengka merupakan percontohan sekolah UKS (Usaha Sekolah Kesehatan) dan kategori tersebut terus dimaksimalkan"ujar Tono. 


Sementara itu, Kepala SMPN 1 Cicalengka Kabupaten Bandung, H.Adang Sujana.M.MPd,saat dimintai keterangannya, beliau membenarkan bahwa demikian adanya. Berdasarkan itupula,kami keluarga besar sekolah dan beserta steakholder mempunyai keinginan untuk dapat mewujudkan SMPN 1 Cicalengka ini menjadi sekolah SBI Swadaya".tutur Adang.
Share this video :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KABAR GRAFIKA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger